Membran Plasma dan Potensial Membran

Materi ini salah satu dari materi Fisiologi yang baru saja selesai aku jawabin setelah berjam-berjam mencari di buku karangan Sherwood.

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan membran plasma?
Membran plasma adalah membranosa tipis yang membungkus setiap sel, tersusun atas molekul lipid dan bertabur protein. Sawar ini memisahkan sel dari lingkungan sekitar; menjaga cairan intrasel agar tidak bercampur cairan ekstrasel diluar sel.

2. Sebutkan fungsi umum membran plasma?
Pembatas yang membentuk batas tegas antara kompartemen intrasel dan ekstrasel; pembatas bersifat selektif permeabel artinya menghambat pertukaran bebas antara sel dan cairan interstitial. Membran plasma diibaratkan seperti tembok besar tiongkok pada masa dinasti Qin.

3. Sebutkan kompartemen penyusun dari membran plasma?
Molekul lipid (lemak) dan bertabur protein.

4. Apa yang dimaksud Matriks Ekstrasel?
Matrik ekstrasel adalah anyaman kompleks protein berserat yang terbenam dalam dalam karbohidrat kompleks.

5. Sebutkan komponen penyusun desmosom?
Komponen desmosom: (1) sepasang gumpalan sitoplasma mirirp tombol dikenal sebagai plak, (2) filamen glikoprotein mengandung kaderin.

6. Jelaskan sifat antara Permeabel, Impermeabel dan Permeabel selektif?
Permeabel: jika sebuah bahan dapat menembus membran, membran dikatakan permeabel terhadap bahan itu. Impermeabel: jika sebuah bahan tidak dapat lewat, membran dikatakan impermeabel. Membran plasma bersifat Permeabel selektif: mengizinkan partikel tertentu lewat seraya menahan partikel yang lain.

7. Jelaskan perbedaan Difusi dan Osmosis?
Difusi: perpindahan molekul pasif mengikuti konsentrasi dari daerah konsrentasi tinggi ke daerah konsentrasi rendah.
Osmosis: perpindahan air melewati membran akibat adanya gradien konsentrasi.

8. Berikan contoh masing-masing transport membran melalui Difusi, Difusi Terfasilitasi, Transport Aktif Primer dan Transport Aktif Sekunder?
Difusi -> O2 diangkut menembus membran paru lewat difusi. Darah yang diangkut ke paru miskin akan O2 karena telah diberikan ke jaringan-jaringan tubuh untuk metabolisme. Sebaliknya, udara didalam paru kaya akan O2 karena terus-menerus bertukar dengan udara segar setiap kali bernapas. Karena gradien konsentrasi ini, terjadi difusi neto O2 dari paru ke dalam darah sewaktu darah beredar melintasi paru. Dengan demikian, begitu meninggalkan paru dan mulai mengalir ke jaringan, darah kaya akan O2.
Difusi Terfasilitasi -> transport glukosa ke dalam sel. Konsentrasi glukosa dalam darah lebih tinggi dari pada di jaringan. Pasokan segar nutrien ini secara rutin ditambahkan ke dalam darah sewaktu makan dan dengan memakai simpanan energi cadangan di tubuh. Secara bersamaan, sel-sel memetabolisme glukosa hampir sama cepatnya dengan laju masuknya glukosa dari darah ke sel. Akibatnya, selalu terdapat gradien untuk difusi neto glukosa ke dalam sel. Namun, glukosa tidak menembus sendiri membran plasma karena tidak larut dalam lipid dan ukurannya lebih besar dari ukuran kanal. Tanpa molekul pembawa glukosa (glucose transporter) yang memfasilitasi transport glukosa menembus membran, sel akan kekurangan glukosa­­, sumber utama bahan bakar sel.
Transport Aktif Primer -> pompa Na+-K+ dan pompa Ca2+. pompa Ca2+ di membran plasma mengangkut Ca2+ ke luar sel, menjaga konsentrasi Ca2+ di sitosol tetap rendah. Banyak ditemukan terutama di membran plasma terminal neuron (sel saraf) yang menyimpan zat kimia perantara (neurotransmitter) dalam vesikel sekretorik.
Transport Aktif Sekunder -> simport glukosa dan Na+. tidak seperti kebanyakan sel tubuh lain. Sel usus dan ginjal mengangkut glukosa secara aktif dengan memindahkannya melawan gradien konsentrasi, dari konsentrasi rendah ke tinggi. Sel usus mengangkut nutrien ini dari lumen usus ke dalam darah, mengonsentrasikannya disaa, hingga tidak ada lagi yang tersisa dilumen untuk dikeluarkan lewat feses. Sel ginjal menyimpan nutrien ini bagi tubuh dengan mengangkutnya keluar dari cairan yang akan menjadi urine, memindahkannya melawan gradien konsetrasi ke dalam darah.

9. Jelaskan dan berikan contoh dari Kation dan Anion?
Kation adalah ion bermuatan positif cenderung bergerak ke bagian yang bermuatan lebih negatif. Contohnya: ion Na+ dan K+ pada potensial membran istirahat.
Anion adalah ion bermuatan negatif cenderung bergerak ke bagian yang lebih positif. Contoh: protein intrasel bermuatan negatif (A-) pada CIS; ion Clorida (Cl-) pada CES.

10. Sebutkan masing-masing komposisi elektrolit pada cairan Ekstrasel dan Intrasel?
Elektrolit Ekstrasel -> natrium (Na), kalium (K), kalsium (Ca), klorida (Cl-), bikarbonat (HCO3-).
Elektrolit Intrasel -> natrium (Na), kalium (K), magnesium (Mg), protein intrasel (A-)


Sumber Jawaban:

Sherwood, L., 2010. Introduction to Human Physiology International Edition. 8th. Beijing: Cengage Learning.


Komentar